Skip to main content

follow us

Selamat sore teman teman alhamdulillah pada sore ini saya bisa kembali membuat artikel setelah dua hari absen tidak ada waktu untuk membuat artikel, kali ini saya akan sharing pengalaman saya menggunakan internet wifi dengan jarak yang lumayan jauh untuk sebuah radio indoor untuk menjangkau jaringan internet wifi yang berjarak 200 Meter, apalagi yang menjadi AP pusat saya menggunakan modem indihome dari telkom yang saya tembak menggunakan TOTOLINK N300RT .

Tetapi hasilnya tidak mengecewakan saya pasang indihome 10MB dan totolink n300rt masih tetap bisa membawa bandwidht 10mb dengan menangkap jaringan wifi modem huawei HG8245H tetap lancar hanya saja ketika di test melalui Speedtest agak susah saat mau mengetes pada bagian upload dan ping yang di hasilkan sekitar 10 -19 . totolink n300rt saat di cek melalui website nya tidak ada spesifikasi kalau totolink ini bisa menggunakan POE namun setelah saya mencoba menggunakan POE bekas TPlink 5210 bisa nyala dan berfungsi dengan normal .berikut adalah spesifikasi totolink N300RT .

Baca Juga Cara Setting Modem Huawei HG8245A/H Bridge Atau Akses Point

Spesifikasi TOTOLINK N300RT

HARDWARE FEATURES
Interface 4 *10/100Mbps LAN Ports
1 *10/100Mbps WAN Port
Power Supply 9V DC/0.5A
Antenna  2 *5dBi fixed antennas 
Button  1 *RST·WPS Button, 1 *Power ON/OFF Button 
LED Indicators  1 *Power, 1 *CPU, 1 *Wireless, 1 *WAN, 4 *LAN 
Dimensions(L x W x H)  5.8 x 3.0 x 1.0 in. ( 147.5 x 76 x 25 mm) 
WIRELESS FEATURES
Standards  IEEE 802.11n, IEEE 802.11g, IEEE 802.11b 
RF Frequency  2.4~2.4835GHz 
Data Rate  802. 11n: Up to 300Mbps 
802.11g: Up to 54Mbps (dynamic) 
802.11b: Up to11Mbps (dynamic) 
EIRP  < 20dBm  
Wireless Security  64/128-bit WEP, WPA/WPA2, WPA-PSK/WPA2-PSK (TKIP/AES) 
Reception Sensitivity  270M: -61 dBm@10% PER 
135M: -65 dBm@10% PER 
54M: -68 dBm@10% PER 
11M: -85 dBm@8% PER 
6M: -88 dBm@10% PER 
1M: -90 dBm@8% PER 
SOFTWARE FEATURES
Operation Mode  Wireless ISP Client Router 
Wireless Client 
Repeater(Range Extender) 
Router 
Bridge with AP 
Client 
Network  VLAN, IPv6  
WAN Type  DHCP/Static IP/PPPoE(dual access)/PPTP(dual access) /L2TP (dual access) 
Wireless Functions  Multiple SSID, MAC Authentication, Universal Repeater, WDS, WPS 
Schedule  Reboot Schedule, Wireless Schedule 
Firewall  MAC Filtering, IP Filtering, Port Filtering, URL Filtering, Port Forwarding, DMZ 
Management  Firmware Upgrade, QoS, TR-069 config, DDNS, Access Control  
Package Contents  N300RT Wireless Router *1 
Power Adapter *1 
Ethernet Cable *1 
Quick Installation Guide *1 
Environment  Operating Temperature: 0℃~40 ℃ (32 ℉~104℉) 
Storage Temperature: -40℃~70 ℃ (-40 ℉~158℉) 
Operating Humidity: 10%~90% non-condensing 
Storage Humidity: 5%~90% non-condensing 

Modifikasi Totolink N300RT Menjadi Akses Point Outdoor

Dalam memodifikasi totolink n300rt saya memanfaatkan akses point Tplink 5210g yang sudah rusak dan saya bongkar , bagian PCB bekas tp link 5210g saya simpan dan keluarkan yang saya gunakan untuk meodofikasi totolink n300rt saya merubah bagina antena totolink n300rt saya copot dan di ganti dengan antena tp link 5210g saya solder bagian kabel antena ke board totolink karena totolink memiliki dua buah antena dan kebetulan antena dari tp link juga memiliki dua kabel saya langsung pasang saja dengan cara menyolder dua kabel tersebut satu persatu ke tiap bagian pada PCB totolink .

Kemudian saya gunakan bagian bawah kesing totolink untuk menjaga agar PCB tidak menempel dengan antena tp link saya tempel dan ikat dengan karet gelang , kemudian saya masukan ke dalam kesing bekas tp link 5210g, lalu bagai mana untuk menyalakan radio ini agar bisa mengalirkan daya untuk menyuplay totolink , saya coba coba menggunakan adaptor bekas tplink di colokan ke poe tplink kemudian memakai kabel utp saya colokan ke bagian WAN dan ternyata totolink bisa menyala menggunakan POE injektor jadi tidak perlu repot lagi membuat POE pasive seperti yang sudah saya share pada artikel sebelumnya silahkan kalian baca Cara Membuat POE Rakitan Sendiri

Cara Setting Totolink N300RT Menjadi Akses Point Outdoor

    - Seting ip address pada lan PC sesuai ip default totolink bisa kalian lihat pada kesing totolink
    - Buka browser dengan mengetikan ip totolink 192.168.1.1 dengan user dan pasword admin
    - Pilih bagian Advance Setting lalu pilih bagian Operation Mode selanjutnya saya menggunakan Totolink n300rt sebagai Repeater Extender
    - Kemudian klik next
    - Selanjutnya klik scan untuk melihat jaringan wifi sekitar dan yang akan kita repeat jika sudah ketemu AP yang akan kita jadikan sebagai akses point yang akan di repeat klik pada bagian 1 pada gambar dan ikuti sesuai gambar di bawah ini
    - Tunggu sekitar 20 detik sampai totolink nyala kembali .

Dan hasil dari modifikasi totoling n300rt menjadi outdoor hasilnya seperti yang saya bilang tadi bisa membawa bandwidht sesuai yang saya pasang yaitu 10MBPS dengan cara ini saya bisa memnfaatkan tp link 5210g yang sudha rusak sehingga tidak menjadi sampah dan lebih berguna dan saya bisa menghemat dari pada membeli akses point outdoor yang lumayan harganya sekitar 600rb semoga artikel ini memberikan inspirasi bagia teman teman , silahkan jika ada yang ingin di tanyakan tulis saja pada komentar .

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar