Skip to main content

follow us

Setting AP Bullet M2hp Dari Jaringan Mikrotik - Selamat pagi akang-akang yang kebetulan berkunjung ke blog yandinovriandi.com saya ucapkan terimakasih sudah mau mampir ke blog saya , pada artikel kali ini saya akan sharing seputar perwifian dan kegiatan ngoprek wifi ini baru saya jalani hampir menginjak 3 bulan ,ngoprek wifi ini biasa di sebut atau yang sangat di kenali di dunia jaringan dengan sebutan RTRW Net , RTRWNet bisa di artikan sebagai pembagian jaringan wifi secara sambung menyambung melalui radio wifi yang biasa di sebut akses point .

Apakah Yang Dimaksud Dengan Akses Point ? Berikut Menurut Pemahaman Awam dari saya .

Akses Point terbai menjadi dua golongan yaitu ada akses point out door dan akses point indoor ,akses point out door adalah akses point yang di buat dan khusukan untuk di pergunakan di luar ruangan dan fungsi dari akses point ini bisa di jadikan sebagai penerima wifi atau pemancar dan pastinya bisa menjangkau wifi dari satu radio A sebagai pemancar dan radio B sebagai penerima dengan jarak 1 kilo meter sampai puluhan kilo meter dan tahan terhadap segala cuaca hujan maupun panas .

Sedangkan AP (singkatan untuk akses point) indoor biasanya di pergunakan untuk penggunakan di dalam ruangan dengan jangkauan pancaran atau penerimaan yang sangat dekat , namun jangan anggap remeh ap indoor ap jenis ini juga bisa di modifikasi sehingga bisa menjangkau jarak yang lumayan maksimal jauh jika sudah di modif dan di pergunakan di luar ruangan dengan ketentuan medan yang los tidak ada halangan .

Lalu bagaimana cara setting Radio Wifi ini ? hal ini yang akan saya sharing pada akang-akang seklaian namun tips ini hanya berlaku bagi orang awam yang baru mengenal dunia wifi RTRW net jika para sesepuh yang baca arikel ini mohon bimbingan dan koreksi artikel saya jika ada yang salah .

Saat mulai tertarik dengan RTRW net saya nyicil alat dengan membeli online dan kredit di akulaku radio wifi bullet m2hp sedangkan mikrotik rb450g dan antena rnet saya beli langsung dari group RTRWNET dan Group antena Rnet , namun saya mengalami kendala saat saya menggunakan jaringan wifi yang sudah terkoneksi dengan mikrotik saya tidak bisa akses radio wifi bullet m2hp melalui ip default bullet m2hp 192.168.1.20 pada browser tidak masuk ke setingan bullet seperti pada gambar di atas nah jika ada akang yang kebingungan seperti saya silahkan ikuti tips berikut .

  • Silahkan colokan soket rj45 dari radio bullet ke pc/laptop kemudian setting ip address isi dengan 192.168.1.xxx submask default akan terisi otomatis dan isi default getaway dengan ip standar bullet m2hp 192.168.1.20 dengan pasword default bullet user(ubnt) dan password(ubnt)
  • Kemudian masuk ke tab Netwrok pada menu RouterOS lalu ganti ip bullet dan getaway ip samakan dengan ip default modem misal jika menggunakan modem fo huawei gunakan ip 192.168.100.1xx kemudian change dan apply maka radio akan reboot tunggu beberapa detik 
  • Setelah selesai silahkan coba konek melalui jaringan login page wifi mikrotik maka akan langsung bisa mengakses radio wifi shingga tidak perlu ribet cabut copot seperti yang saya lakukan sebelumnya .

Berikut ini gambar yang saya maksudkan pada point di atas maaf lupa .

Dan demikian arikel yang bisa saya tulis dan bagikan pada akang-akang sekalian , maaf jika artikel saya belum nyambung dan enak di baca kata perkatanya tetapi saya hanya ingin berbagi .

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar